Pembersih Muka yang Cocok untuk Remaja

Pembersih Muka yang Cocok untuk Remaja

Ketika sudah mulai beranjak remaja, tak sedikit yang mulai memperhatikan penampilannya, terutama bagian wajah. Artikel ini pas bagi para remaja.

Agar tak terlihat kucel, pembersih muka bisa jadi solusi jitu. Namun, pada beberapa kasus penggunaan pembersih muka yang tidak cocok justru menimbulkan seperti jerawat dan komedo. Benarkah demikian? Lantas pembersih muka apa yang cocok untuk remaja?

"Pembersih umumnya tidak merangsang terbentuknya komedo karena pembersih bersifat menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori yang menyebabkan terjadinya komedo," tutur dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Centre, Denpasar, Bali.

dr Darma, sapaan akrabnya, menerangkan bahwa remaja yang memasuki masa puber sebaiknya memilih pembersih yang mengandung alkohol agar lebih efektif mengangkat minyak di wajah. Sebab umumnya kulit wajah pada remaja memiliki kelenjar minyak lebih aktif karena hormon androgen aktif.

"Untuk pembersih muka umumnya hampir sama dengan dewasa, yang utama adalah menyesuaikan dengan jenis kulit, apakah tergolong kulit kering atau berminyak atau normal," jelas dr Darma.

Tambah dokter berkacamata ini, penggunaan pembersih yang mengandung alkohol sebaiknya jangan digosok terlalu keras agar tidak menimbulkan iritasi.

Related Posts

Pembersih Muka yang Cocok untuk Remaja
4/ 5
Oleh