Kolang-kaling Bisa Obati Diabetes? Ini Kata Ahli Gizi

Kolang-kaling Bisa Obati Diabetes? Ini Kata Ahli Gizi

Kolang-kaling merupakan jenis makanan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Bukan hanya itu, kolang-kaling juga mengandung air yang sangat banyak.

Di dalam 100 gram buah kolang-kaling hanya terkandung sekitar 50-60 kalori. Karena itu kolang-kaling ditengarai bisa menurunkan kadar gula darah dan bisa mengobati penyakit diabetes. Benarkah?

"Bukan obat tapi ya, jadi bukan berarti menurunkan gula, tetapi aman sebagai opsi healthier choice buat diabetesi," ucap ahli gizi, Mochamad Aldis Rusliadi SKM kepada detikHealth.

Lebih lanjut Aldis katakan, karena kolang-kaling tinggi serat maka tidak lantas menaikkan gula darah secara drastis jadi aman dikonsumsi diabetesi. Namun dengan catatan pengolahannya tidak untuk minuman tinggi gula.

"Jadi aman buat diabetesi asalkan balik lagi tadi, pengolahannya bukan menjadi kolak tinggi gula dan lemak atau sirop tinggi gula ya," tutur Aldis.

Aldis menambahkan, jika ingin disajikan sebagai minuman sebaiknya menggunakan gula atau sirop rendah kalori dan dicampur dengan buah-buahan. "Misal bikin sirup kolang kaling tapi pakai gula rendah kalori atau sirop rendah kalori," sarannya.

Sumber : https://health.detik.com/read/2017/06/08/174901/3524670/763/kolang-kaling-bisa-obati-diabetes-ini-kata-ahli-gizi?l992205755

Related Posts

Kolang-kaling Bisa Obati Diabetes? Ini Kata Ahli Gizi
4/ 5
Oleh