Hati-Hati, Merasa Cepat Haus Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes

Hati-Hati, Merasa Cepat Haus Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes

Saat ini, angka penderita penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan stroke kian meningkat. Zaman dulu, banyak kematian terjadi akibat penyakit menular, seperti TBC, pneumonia, dan malaria.

Namun menurut WHO, saat ini banyak kematian yang justru diakibatkan oleh penyakit tidak menular, di mana angka untuk Indonesia sendiri telah mencapai 71%. Khusus penyakit diabetes saja, setiap tahunnya selalu ada peningkatan angka penderita di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan baik, diperkirakan bahwa pada tahun 2030, akan terdapat 1 penderita diabetes dari 7 orang penduduk Indonesia.

Lebih mengkhawatirkan lagi, diabetes semakin banyak menyerang mereka yang berusia muda dan produktif. Karena itu, menurut dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, sangat penting melakukan deteksi dini dengan mengecek kadar gula darah secara berkala.

"Diabetes ini kan bisa menyerang siapa saja, jadi tak ada salahnya lakukan deteksi dini. Bisa dimulai dari usia 20-an untuk melakukan medical check up. Apalagi, jika memang ada riwayat diabetes dalam keluarga," tutur dr. Mulyani saat ditemui di Jakarta.

Bahkan, Mulyani menambahkan, meski obesitas meningkatkan risiko terserang diabetes, bukan berarti mereka yang memiliki berat badan ideal terbebas dari diabetes.

Pasalnya, selain karena faktor genetik, kebiasaan kaum urban mengabaikan pola hidup sehat, seperti hobi menikmati camilan manis dan minuman bersoda, malas bergerak, stres, kurang istirahat, hingga jarang olahraga membuat penyakit ini bisa menyerang siapa saja.

Menurut Mulyani, ada tiga gejala awal yang umum terjadi, merasa haus terus, ingin makan terus-menerus, dan lebih sering buang air kecil.

"Biasanya orang yang haus terus akan merasa ini hal wajar karena panasnya udara, begitu pun sering buang air kecil dianggap normal karena banyak minum. Padahal, ini tanda ada yang salah pada tubuh. Jangan diabaikan. Selain itu, umumnya mereka juga mudah merasa kelelahan," tambahnya.

Sumber : https://www.vemale.com/kesehatan/101905-hati-hati-merasa-cepat-haus-bisa-jadi-gejala-awal-diabetes.html

Related Posts

Hati-Hati, Merasa Cepat Haus Bisa Jadi Gejala Awal Diabetes
4/ 5
Oleh