Fakta! Kopi Diklaim Ampuh Cegah Kanker Hati, Bahkan yang Tanpa Kafein

Fakta! Kopi Diklaim Ampuh Cegah Kanker Hati, Bahkan yang Tanpa Kafein

Kopi seolah-olah bisa menjadi candu bagi siapapun yang sering menikmatinya. Tetapi bila dikonsumsi dengan tepat, kopi terbukti bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker hati.

Hal ini dikemukakan peneliti gabungan dari University of Southampton dan University of Edinburgh dalam riset terbaru mereka setelah menganalisis data dari 26 riset yang melibatkan lebih dari 2,25 juta partisipan.

Dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali, penikmat kopi berisiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami hepatocellular cancer (HCC) alias kanker hati. Ini berlaku bagi mereka yang hanya minum satu cangkir sehari.

Namun bagi mereka yang mengonsumsi sampai dua cangkir sehari, risiko kankernya bisa berkurang 35 persen dan 50 persen untuk yang minum lima cangkir sehari. Bahkan jika yang diminum adalah kopi tanpa kafein.

Meski demikian, efek perlindungan yang didapat dari kopi tanpa kafein memang tidak sebanyak daripada kopi berkafein.

"Hanya saja kami tidak langsung menyarankan setiap orang untuk minum lima cangkir kopi sekaligus dalam sehari untuk menjaga kesehatan hatinya. Sebab konsumsi kopi dalam jumlah tinggi memang berpotensi bahaya, termasuk untuk ibu hamil juga," jelas ketua tim peneliti Dr Oliver Kennedy seperti dilaporkan The Guardian.

Rekan satu timnya, Prof Peter Hayes menambahkan mereka menemukan bukti bahwa kopi dapat mengurangi sirosis hati serta kanker hati, tetapi ini hanya karena konsumsi dalam dosis yang tepat.

"Kopi juga dilaporkan dapat mengurangi risiko kematian karena berbagai sebab dan temuan kami menambah bukti ini. Jadi asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, kopi bisa jadi obat alami yang mujarab," tutur Hayes.

Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD pernah menyampaikan bahwa kopi sebaiknya dikonsumsi tanpa campuran apapun.

"Penambahan susu, krimer, dan gula memang akan membuat rasa kopi lebih nikmat, namun dapat menurunkan efektivitas dari kandungannya," terangnya.

Seperti halnya pakar lain, Jansen juga sepakat jika orang dewasa hanya diperbolehkan mengonsumsi kopi setara dengan 200-300 mg setiap hari atau sama dengan 2 cangkir.

Sumber : https://health.detik.com/read/2017/05/30/125130/3515148/763/kopi-diklaim-ampuh-cegah-kanker-hati-bahkan-yang-tanpa-kafein

Related Posts

Fakta! Kopi Diklaim Ampuh Cegah Kanker Hati, Bahkan yang Tanpa Kafein
4/ 5
Oleh