Dilakukan Seperti Ini, Diet Vegan Justru Bisa Bikin Gemuk

Dilakukan Seperti Ini, Diet Vegan Justru Bisa Bikin Gemuk

Tak sedikit orang yang memutuskan untuk menjadi vegan karena ingin menurunkan berat badan. Padahal nyatanya jika dilakukan dengan cara yang tak tepat, menerapkan diet vegan juga bisa bikin gemuk.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2016 dan telah diterbitkan dalam Journal of General Medicine, orang-orang yang menerapkan diet vegan rata-rata mengalami penurunan berat badan lebih banyak.

Menurut nutrisionis Alyssa Cohen, tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali berarti Anda menghilangkan asupan kolesterol dan lemak, yang dengan sendirinya dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, makanan dari sumber nabati juga diketahui mengandung vitamin, mineral, dan mikronutrien yang juga lebih baik.

Kombinasi hal ini dianggap menjadi kunci penting untuk menurunkan berat badan, ketika Anda memutuskan menjadi seorang vegan. Hal serupa juga disebutkan oleh nutrisionis Tom Hritz, RD.

"Mengonsumsi makanan dari sumber nabati membuat Anda kenyang dengan asupan lebih sedikit kalori, dibandingkan jika Anda kenyang dari makanan berbasis produk hewani," ungkap Hritz, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Namun demikian, Cohen menuturkan ada beberapa asupan produk nabati yang jika dikonsumsi berlebihan juga bisa membuat berat badan naik. Di antaranya kentang goreng.

Kesalahan lainnya adalah melakukan perubahan pola makan terlalu ekstrem, sehingga cenderung 'kaget' dan membutuhkan lebih banyak makanan untuk bisa sampai merasa kenyang. Kuncinya, mencari sumber protein yang tepat.

"Kadang-kadang orang yang diet vegan akan makan lebih banyak karbohidrat dan sayuran bertepung agar terasa kenyang, padahal ini justru membuat asupan proteinnya semakin berkurang," ujar Nina Eng, RD, dari Plainview Hospital, New York.

Related Posts

Dilakukan Seperti Ini, Diet Vegan Justru Bisa Bikin Gemuk
4/ 5
Oleh