Diet Vegan Bantu Kurangi Risiko Kanker Usus dan Payudara

Diet Vegan Bantu Kurangi Risiko Kanker Usus dan Payudara

Tak cuma sekadar membantu menurunkan berat badan. Diet kaya akan produk nabati juga disebut dapat menurunkan risiko penyakit seperti kanker.

Dikutip dari Daily Mail, peneliti dari University of Ghent menemukan bahwa konsumsi produk nabati, salah satunya mengganti susu biasa dengan sari kedelai, dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Pada mereka yang mengonsumsi makanan kaya akan produk nabati seperti sari kedelai, risiko kanker usus besarnya disebutkan dapat berkurang hingga 44 persen dan kanker payudara 36 persen. Pada pria, diet ini juga diyakini dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat sebesar 30 persen.

Temuan para peneliti ini juga mengungkapkan bahwa diet berbasis produk nabati terutama kedelai dapat mengurangi risiko diabetes 28 persen, penyakit jantung koroner 4 persen dan stroke 36 persen.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat menjaga kesehatan organ tubuh. Sementara itu, berlebihan mengonsumsi produk hewani dan tak seimbang dapat menggandakan risiko penyakit kronis," imbuh peneliti Dr Lieven Annemans.

Dikutip dari buku 'Diet Enak ala Vegetarian' yang ditulis oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, diet vegan adalah vegetarian murni yang hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur dan buah. Kelompok ini sama sekali tidak mengonsumsi makanan hewani seperti daging ternak, daging unggas, ikan, susu, telur dan produk olahannya.

Tak cuma berupa produk pangan, mereka yang vegan juga umumnya tidak menggunakan semua produk yang dihasilkan oleh binatang, termasuk madu, bahan kulit, sutera, wool, dan gelatin.

Selain membantu proses detoksifikasi, nutrisionis Lily Soutter menyebutkan ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan melalui diet vegan yang tepat seimbang. Beberapa di antara manfaat tersebut yakni mengurangi risiko arthritis dan menurunkan berat badan.

Sumber : https://health.detik.com/read/2017/04/07/172708/3468434/1410/studi-diet-vegan-bantu-kurangi-risiko-kanker-usus-dan-payudara?_ga=2.79451088.551776823.1496714975-796195718.1474950107

Related Posts

Diet Vegan Bantu Kurangi Risiko Kanker Usus dan Payudara
4/ 5
Oleh