Diet Ini Disebut Cara Terbaik Bakar Lemak dan Bentuk Otot!

Diet Ini Disebut Cara Terbaik Bakar Lemak dan Bentuk Otot!

Ada sebuah pola makan tertentu yang diyakini oleh sebagian orang sebagai diet terbaik untuk bakar lemak dan membentuk otot. Hmm, apa ya?

Dikutip dari Women's Health Mag, diet ini populer dengan sebutan diet ketogenik. Diet ini menganjurkan Anda untuk cermat memilih jenis lemak yang dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi lemak sehat.

Dalam diet ini, konsep yang dianjurkan adalah mengonsumsi asupan tinggi lemak, protein dalam jumlah sedang, serta mengurangi konsumsi karbohidrat. Meski sudah populer beberapa tahun belakangan, diet ini kini populer kembali. Terutama di kalangan wanita. Selebriti seperti Megan Fox dan Adriana Lima disebut-sebut pernah menerapkannya.

Cara kerja diet ini adalah dengan mengonsumsi lemak dalam porsi tinggi, yakni sebanyak 75 persen dari total kalori harian. Dalam proses ini, tubuh disebutkan akan memasuki fase yang disebut sebagai 'ketosis', di mana ia menghasilkan keton. Alih-alih mengandalkan glukosa dari karbohidrat untuk aktivitas energi dan otak, tubuh akan menggunakan keton tersebut, yang pada akhirnya akan membantu proses pembakaran lemak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggabungkan latihan ketahanan dengan diet ketogenik dapat membantu pelaku diet tetap menjaga kadar otot, sambil membakar lemak.

Meski terdengar sebagai diet yang sempurna, pakar nutrisi memperingatkan Anda tentang berbagai efek samping yang mungkin saja muncul. Pertama, dibutuhkan waktu selama dua hingga empat pekan untuk pola makan seperti ini supaya tubuh menyesuaikan diri dan masuk dalam fase ketosis.

"Kedua, dalam menjalani diet ini Anda benar-benar harus membatasi konsumsi karbohidrat harian," ungkap Carwyn Sharp, PhD, dari National Strength and Conditioning Association.

Sharp melanjutkan, jika tubuh tidak memasuki fase ketosis dan Anda tidak memiliki cukup karbohidrat sebagai bahan bakar tubuh, efek buruknya Anda tidak akan kehilangan lemak. Sebaliknya, Anda justru akan menjadi mudah marah dan sangat lapar. Mood juga bisa menjadi mudah berubah.

Seperti diketahui, untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang sehat tubuh memerlukan keseimbangan nutrisi, termasuk karbohidrat. Jika Anda sembarangan membatasi asupan karbohidrat, maka ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi pada tubuh. Di antaranya rasa lapar terus-menerus dan pusing. Anda juga berisiko menjadi lemas dan mudah mengantuk.

Sumber : https://health.detik.com/read/2017/05/29/112703/3513897/1410/disebut-cara-terbaik-bakar-lemak-dan-bentuk-otot-mau-coba-diet-ini

Related Posts

Diet Ini Disebut Cara Terbaik Bakar Lemak dan Bentuk Otot!
4/ 5
Oleh